Dibalik Seribu Kesulitan, Terdapat Seribu Kemudahan

Sumber: Klik pada gambar.

Hari ini merupakan salah satu hari yang menarik bagiku. Mengapa? Karena selain merasa produktif, di hari inilah aku bisa membuktikan bahwa segala sesuatu jika dikerjakan dengan ikhlas dan positif thinking, maka akan berjalan dengan baik. Dan di hari ini pun, aku juga percaya, bahwa pertolongan Allah untuk hamba-Nya tidak pernah jauh tertinggal.

Aku mendapat tugas sebagai salah satu pengepul dan editor laporan pertanggungjawaban seminar salah satu mata kuliahku. Selain itu, aku juga dipercaya memegang semua arsip tugas PKM yang juga merupakan salah satu mata kuliahku. Selain itu, urusan laporan magang rumah sakit-ku, juga belum dapat dibilang selesai karena tiba-tiba diketahui harus ada beberapa revisi meskipun aku sudah mengentaskan tugas tersebut beberapa bulan lalu. Dan kesulitan itu sukses menyapaku dengan sapaan “Halo!” yang begitu hangat! Ketiga tugas besar itu datang bersamaan.

Sudah sejak akhir ujian tertulis di semester ini aku ingin pulang. Melihat banyaknya perubahan-perubahan berarti yang sering kuterima kabarnya dari keluarga. Menghela napas sejenak melepas rindu dengan keluarga tercinta nun jauh di sana. Menagih janji-janji manis yang sempat mereka ucapkan. Dan banyak rencana-rencana lain yang ingin terukir dan hanya bisa dilakukan di sana.

Namun, ketiga tugas keren itu menanti dan singgah bersamaan. Dan kerennya, baru saja pagi tadi aku tersadar bahwa aku semua pengembannya.

Sebenarnya tugas LPJ dan PKM sudah cukup lama selesai. Namun, banyak faktor yang menyebabkan akhirnya tugas itu pun menuntut haknya bersamaan saat tugas magang turut menyapa. Dan hari ini akhirnya aku pun sadar bahwa menge-print, menjilid, memotokopi, dan nge-burning CD, bukanlah sesuatu yang sepele. Rupanya mereka semua sama-sama rumit, terlebih jika harus dilakukan bersamaan di hari ini.

@etikarezkina: Alhamdulillah untuk segala kemudahan yang Allah berikan hari ini. Baik bantuan-Nya secara langsung, maupun lewat perantara teman-teman, dosen, dll🙂

Yap, sungguh aku merasa bantuan dari Allah hari ini benar-benar besar! Dan segala kemudahan yang Dia berikan, silih berganti berdatangan seiring dengan segala kesulitan yang aku temui. Aku yang sering darah rendah, sakit, dan pusing pada kondisi khusus seperti ini, entah mengapa hari ini diberi kesehatan luar biasa. Aku yang nggak sempet sarapan lantaran pagi-pagi sudah sibuk nge-burn CD dan melakukan beberapa editingdadakan, entah mengapa mampu bertahan hingga pukul 10-an. Padahal dalam kondisi khusus semacam ini, aku sering kali 5L dan mudah keliyengan, saat kecapaian atau terlambat sedikit saja mengisi energi.

@etikarezkina: Kerjaan yang banyak, mulai dari pengepul LPJ Seminar+ngumpul PKM sendirian, hingga laporan magang RS yang nggak beres-beres, akhirnya dapat kulalui :’)

@etikarezkina: Sangat terharu dengan apa yg telah terjadi hari ini. Kerjaan yg begitu banyak dan datang bersamaan itu akhirnya bisa selesai :’)

Ya, dan semuanya hari ini selesai—meski masih ada satu tugas yang menggantung dan terpaksa aku titipkan pada rekanku. Dan sungguh hari ini aku banyak sekali merasakan pertolongan Allah yang baik secara langsung Dia berikan kepadaku, maupun pertolongan-Nya melalui perantara teman-teman dan orang-orang disekitarku…

@etikarezkina: Makasih @claudicloudy yang udah bantu beli CD, bantu tulis nama, bantu bikin ketawa dan bikin aku makin semangat!😀 #kagumdghariini

Bertemu dengan orang satu ini, selain heboh dan menyenangkan, juga mampu membuat suasana menjadi lebih ‘panas’, sehingga lebih semangat! Bawaannya jadi pengen gerak cepet dan lebih cepet selesai.

@etikarezkina: Makasih @eka_setyaardi yang udah minjemin laptopnya buat ngedit-ngedit, nge-burn, ngambil email, mindah data, dll. Muah muah :* #kagumdghariini

Astaga! Orang ini sangat cool sekali! Aku yang membawa banyak berkas-berkas dan laporan dari kosan, mengurungkan niat membawa laptop yang akan mengakibatkan beban bawaanku menjadi semakin banyak dan membuatku berisiko semakin pendek. Dan payahnya, laptop inilah yang ujung-ujungnya menjadi sesuatu yang sangat krusial dan dibutuhkan olehku, entah untuk nge-burn, ambil email, dan ngedit beberapa hal yang tiba-tiba baru disadari kekurangannya. Benar-benar berterima kasih deh, dengan sang pemilik laptop yang mau-mau saja meminjamkannya meskipun sebenarnya pemiliknya juga nggak mau kalah—sambil nyambi download faforit dia! Hahaha😀

@etikarezkina: Makasih @annisanursita yang udah banyak kasih saran & masukan, bantu ngopiin berkas-berkas lampiran, nemenin ngeprint, dll🙂 #kagumdghariini

Sarannya untuk urusan laporan magang RS-ku boleh juga! Masukan-masukannya untuk beberapa hal yang luput dari pikiranku, benar-benar membantuku terlebih dalam keadaan pikiran butek karena tekanan dari segala arah ini. Bantu aku juga ngopi lampiran laporan, sehingga pekerjaanku menjadi jauh lebih mudah. Sambil asik-asikan ngumpul di Bugen dan deg-degan karena mau ketemu pembimbing, saran dan bantuannya sungguh oke punya!

@etikarezkina: Makasih #Azul dan #mbaCaca yang udah bantu ngurus laporan magang RS kita yang nggak beres-beres dan semua kerjasamanya selama ini :* #kagumdghariini

Laporan RS inilah salah satu yang paling rumit masalahnya. Mulai dari sulitnya memperoleh tandatangan, menentukan waktu yang tepat untuk bertindak, mengumpulkan file-file yang tercecer entah di mana untuk dijadikan satu dalam CD file Laporan Magang, hingga menyusun siasat-siasat jitu pemecah masalah. Keberadaan dan langkah kongkret mereka hari ini, juga secara tak langsung mampu membantu mempermudah dua pekerjaanku lainnya. Untuk bantuan dan kerjasamanya selama ini, mereka memang oke punya!!

@etikarezkina: Makasih #buYvonne yang mempermudah jalan kami mendapat ttd. Meski beliau anggap ini bkn apa2, tp sangat berarti buat kami :’) #kagumdghariini

Ini juga oke! Bu Yvonne yang harus tandatangan di halaman pengesahan, secara ‘ajaib’ bisa mudah kami temukan! Subhanallah! Kerennya lagi beliau bahkan langsung membalas sms yang kuhantarkan padanya :’) Beliau juga menyambut kami yang datang dengan senyum dan senang, dan bersedia tandatangan tanpa menyulitkan kami. Benar-benar kemudahan dari Allah :’)

@etikarezkina: Haha, makasih juga buat semua penyedia jasa fotokopi, print, dan jilid yang saya kunjungi, yang cukup lancar melayani hari ini :p #kagumdghariini

Mulai dari Shei*a, tempat saya nge-print LPJ; Sho*i, tempat saya jilid softcover; Kop*a, tempat saya nge-print lagi; dan Fotokopi Gedung *, tempat saya jilid. Syukurlah, hari ini pelayanan jasa yang mereka berikan begitu lancar mempermudah tugas-tugas saya. Hanya saja ada satu dari sekian banyak yang sempat membuat saya kecewa—meskipun hanya kecewa 10%—tetapi usaha penyedia jasa mereka sedikit banyak mampu membantu saya meringankan tugas ini😉

@etikarezkina: Maaf jadi nyampah. Hanya ingin berbagi rasa puas akan ribuan kemudahan di balik ribuan kesulitan yang kutemui hari ini😉 #kagumdghariini

Ya, karena aku percaya bahwa bersama segala kesulitan, pasti ada kemudahan. Maka karenanya, bersama ribuan kesulitan, aku yakin bahwa di sana pula terdapat ribuan kemudahan!

Terima kasih untuk hari ini. Orang-orang yang kutemui hari ini sungguh adalah orang-orang yang dikirimkan Allah sebagai ‘malaikat kecil’ perantara pertolongan-Nya. Semoga dengan kemudahan yang kalian berikan padaku untuk hari ini, juga akan memudahkan segala urusan kalian nantinya, termasuk juga urusan di yaumul akhir kelak. Aaamiin🙂

—estEtika—

2 Comments

  1. eka setya said,

    5 March 2013 at 22:52

    etikaaaaaaaaaaaa….sosweet


Leave a Reply

