“7 Years of Love”, Manis Atau Tragis?

Sumber : Klik pada gambar.

Sumber : Klik pada gambar.

Konsep lirik lagu ini berupa cerita dengan alur maju-mundur. Rasanya seperti membaca novel mini ber-genre romance. Lewat lirik yang relatif pendek, kejadian 7 tahun lalu sukses terbayang hanya dalam durasi menit hingga lagu ini berakhir. Kata-katanya cukup misterius, dan banyak pesan implisit yang setelah tahu artinya menjadi terkesan lebih ‘dalam’. Musiknya yang lembut dan slow, cocok dipadukan dengan liriknya yang halus. Suara sang penyanyi yang bening dan sendu, membuat saya yang mendengarkan sambil menyimak terjemahan liriknya sukses merinding.

Melihat judulnya, cerita dalam lagu ini terkesan manis. 7 Years of Love. Terlihat seperti kisah seseorang yang begitu setia mencintai selama 7 tahun lamanya. Namun apakah mencintai seseorang selama 7 tahun benar-benar semanis itu?

Setelah menyimak lirik lagu ini, mungkin akan terjawab sudah, “7 Years of Love, Manis atau Tragis?”

Ini adalah lagu lama milik Yoo Young Suk yang populer pada tahun 1995-an dan dinyanyikan kembali oleh Kyuhyun (Super Junior Foresight Episode 4). Sebagai salah satu penikmat lagu jadul, lagu ini menjadi terdengar lebih indah dengan suara penyanyinya yang sekarang–karena kebetulan penyanyinya yang sekarang adalah salah satu penyanyi dengan suara bagus yang pernah saya dengar. Meskipun usia penyanyinya yang sekarang masih cukup muda dan terbilang ‘kurang pantas’ menyanyikan ulang lagu dengan lirik dalam ini, sang pencipta sempat berkomentar bahwa dia telah menyanyikannya dengan sangat baik.

***

Kita sudah bersama-sama selama 7 tahun.

Namun, siapa sangka kita mengucapkan kata “Selamat tinggal” semudah ini?

Sayangnya kita tetaplah berpisah,

Seiring dengan kenangan yang kita rajut bersama sekian lama, kini telah hilang.

.

Seperti apa kita di masa lalu,

(Bagaimana) kita saling bertemu, aku bahkan tidak lagi mengingatnya.

Sulit bagi kita untuk menangani perubahan-perubahan yang terjadi pada diri kita.

.

Mereka bilang akan menyakitkan saat mengatakan “Selamat tinggal”.

Namun aku sendiri justru tidak dapat merasakan apapun.

Aku pikir, ini adalah cara yang tepat untuk tetap terlihat tenang.

.

Aku menangis…

Seiring waktu berjalan (aku justru menangis) menyesali dan merindukan banyak hal tentangmu.

Ini benar-benar berbeda dengan apa yang selama ini kupikirkan.

.

Awalnya sebagai teman, kemudian saling mencintai.

Kita pun sepakat untuk tetap menjadi teman meskipun kini telah berpisah

(*Walau sebenarnya “Ketika kau berpisah, maka akan sangat sulit untuk tetap menjadi teman…”)

.

Setelah itu, tiga tahun pun berlalu…

Semenjak itu kita hanya saling menyapa meski sesekali saja…

.

Meskipun aku kemudian bertemu dengan seseorang yang lain,

Meskipun aku jatuh cinta lagi dengan yang lain,

Anehnya setiap aku merasa sedih, aku masih saja menghubungimu dalam tangisan diamku.

.

Mengatakan padamu, bahwa “Kau harus menemukan orang yang baik untukmu.”

Ketika aku sendiri bahkan tidak pernah bermaksud demikian.

Anehnya aku justru mengatakan pada diriku sendiri kata-kata tidak berguna, seperti “Mungkinkah sebenarnya dia masih menyukaiku?”

.

Aku tahu…

Kita sebenarnya memiliki cinta yang murni.

Namun saat itu kita berpikir bahwa cinta semacam itu tidak bisa lagi diharapkan, sehingga  hanya tersisa sebagai kenangan.

Akan tetapi, sesekali aku merasakan perasaan yang ‘dingin’ pada dirimu.

Meskipun kini aku paham, kau tidak dapat meminta apapun dariku (dan aku pun tidak dapat melakukan apapun untukmu).

.

“Aku akan menikah…” , dia bilang begitu.

Mendengar kata-kata itu keluar dari mulitnya,

untuk beberapa saat aku tidak dapat mengatakan apapun.

.

Lalu tanpa sadar aku pun menangis.

Menyadari bahwa itu adalah kata-kata terakhirnya untukku.

.

“Aku mencintaimu…”

Padahal sebenarnya justru kata-kata itulah yang ingin aku dengar keluar dari mulutmu…

Uuh…

***

6 Comments

  1. Anonymous said,

    22 January 2013 at 13:54

    aduhhh, semoga apa yang kyuhyun nyanyikan itu tidak terjadi pada saya😦

  2. kimbaekbek said,

    31 January 2014 at 21:05

    bikin nangiss bgt, tragiss😥

  3. ranny said,

    2 February 2014 at 13:42

    thanks y girl.. akhirnya q nemuini makna lagu 7 years of love yg komplit plus nyambung ke otak saya….😉
    daleeem bgt ternyata….

  4. that xx said,

    9 February 2014 at 12:12

    liriknya dalem banget,bener-bener tragis

  5. 3 June 2015 at 13:43

    aq suka banget lagunya… artinya juga nge jlebbb banget. pengen nangis rasanya :'(… makasih author… ini arti yg paling nyambung


Leave a Reply

