Hangatnya Keluarga di Drama Korea

Sambil santai sejenak di tengah hingar bingar kesibukan mahasiswa tingkat akhir, share tentang drama korea sepertinyanya boleh juga, nih! ^^

FlowerYup, begitu banyak drama dan film korea yang bertebaran alias pating nggletak! Hehehe… Sudah tidak asing lagi melihat drama tersebut entah di internet atau televisi. Dengan cerita yang unik dan menarik, drama korea juga biasa dikemas apik dengan alur yang ‘tertata’ dan episode yang relatif singkat.

Drama korea yang populer, biasanya ber-genre komedi, romance-drama, atau drama mellow yang menguras air mata. Namun, drama dengan genre keluarga, menurut saya pribadi sebenarnya justru terlihat lebih menarik untuk ditonton. Drama ini biasanya melibatkan keluarga kecil seperti ayah, ibu, dan saudara, hingga keluarga besar seperti kakek, nenek, mertua, menantu, kakak/adik ipar, dan sebagainya. Drama semacam ini ceritanya memang lebih komplikatif, tetapi lebih terkesan nyata dan dekat dengan kehidupan sehari-hari. Berikut drama korea ber-genre keluarga yang bisa dijadikan rekomendasi ^^

Sassy Girl Chun Hyang

Menurut saya drama ini adalah drama dengan tema yang paling lengkap! Mulai dari tema keluarga, persahabatan, sekolah, perjuangan hidup, hingga tema romance. Setting-nya juga lengkap mulai dari di rumah, sekolah, rumah mertua, kampus, dunia kerja, hingga di tempat-tempat romantis, hehe.. Drama ini juga lengkap dengan paduan komedi dan mellow-nya.

Tema keluarganya menarik. Salah satunya tentang kasih sayang sang Ayah yang keras di luar, tetapi sebenarnya sangat lembut di dalam. Bagaimana sang Ayah membesarkan anaknya yang ‘tengil’ hingga akhirnya bisa menjadi pria yang sukses. Bagaimana sang Ayah yang kemudian menjadi sosok ‘ayah’ yang sempurna bagi menantunya yang manis. Adegan mengharukan adalah ketika sang Ayah menjaga Chun Hyang yang sedang sakit. Entah mengapa feel-nya betul-betul terasa. Adegan lain yang mengharukan adalah saat putranya difitnah. Sang Ayah yang merupakan kepala kepolisian, melepaskan anaknya yang berstatus sebagai tersangka, hingga akhirnya Ayah itu mundur dari jabatannya. Adegan saat sang Ayah melihat diam-diam Chun Hyang menangis itu~~~ entah mengapa begitu menyentuh TT__TT

Tema persahabatannya juga seru. Empat orang sahabat dengan kisah yang menarik. Dua pria yang saat SMA awalnya tidak rukun, akhirnya bisa menjadi sahabat bahkan sampai salah satu dari mereka menikah dan hidup bahagia. Pengorbanan masing-masing juga dikemas sangat apik! Mulai dari jual motor, sampai perjuangan besar mempersatukan teman baiknya alias kedua tokoh utama dalam drama ini.

Tema perjuangan hidupnya, memberikan pesan bahwa ketika kamu mau berusaha, maka kamu pun akan bisa! Dikisahkan dari peringkat sekian dari bawah, Mong Ryong mampu membuktikan pada Ayahnya bahwa dia bisa menyusutkan angka peringkatnya! Laki-laki berandalan itu juga secara mengejutkan bisa masuk ke universitas terkemuka sekaligus menjadi seorang jaksa! Padahal waktu SMA, melihat tampangnya saja sudah tidak meyakinkan untuk menjadi sukses. Bahkan sang guru sempat menuduhnya mencontek ketika secara tiba-tiba peringkatnya melunjang tinggi.

Yang tidak kalah seru dari suatu drama romance, tentu saja tentang kisah ”love“ di antara pemainnya, kan? Yang membuat kisah cinta mereka enak diikuti adalah karena dikisahkan pemeran utama tersebut sudah menikah. Jadi kisahnya terkesan legal dan romantis ^^ Ceritanya juga nggak melulu soal gombal atau hal-hal alay. Ada adegan manis, tapi juga ada adegan gengsi hingga berantem yang dikemas menarik. Ceritanya juga disandingkan dengan ‘tokoh ayah-ibu mertua’ yang semakin membuat kisahnya tampak natural dan nggak hanya soal “Dunia hanya milik kita berdua”!

Can You Hear My Heart

Drama ini juga bertema keluarga dengan jalan cerita yang terbilang unik dan tidak biasa. Cerita tentang anak perempuan yang memiliki ibu tunarungu. Ibunya kemudian menikahi seorang pria dengan keterbelakangan mental. Bapak yang kalau tidak salah bernama Young Gyu itu punya anak laki-laki bernama Ma Roo yang benci banget punya ayah ‘idiot’. Ditambah lagi, ‘sepertinya’ Ma Roo suka dengan perempuan yang sekarang jadi adik tirinya, membuat laki-laki yang terkenal pintar itu enggan mengakui Woo Ri sebagai adiknya.

Cerita tentang keluarga kecil Young Gyu sudah cukup menggambarkan betapa berartinya arti sebuah keluarga. Bagaimana Young Gyu begitu tulus menyayangi Woo Ri yang bukan anak kandungnya, dan Ma Roo yang terus-terusan membencinya. Sampai kemudian muncul tokoh pria utama yang kalo tidak salah bernama Dong Ju. Laki-laki itu tunarungu karena sebuah kecelakaan. Yang membuatnya spesial, laki-laki ini berusaha keras supaya tidak ada seorang pun yang tahu bahwa dia tidak bisa mendengar. Dia mengerti apa yang dikatakan lawan bicara dari membaca gerak bibir. Dia juga selalu pakai headset supaya kalo dipanggil nggak menoleh, orang lain tidak akan curiga. Adegan yang sedih adalah ketika Woo Ri baru tahu bahwa laki-laki yang dia suka itu tunarungu seperti ibunya (yang sebelumnya diceritakan telah tewas). Woo Ri memanggil-manggil Dong Ju, tapi dia tidak menoleh. Aktingnya bagus banget, bikin yang ngeliat sukses merinding~~~

Cerita romance-nya juga sedih. Ma Roo yang anggap saja suka sama Woo Ri kecil, terpaksa ninggalin keluarganya demi membebaskan ayahnya yang hampir dijebloskan ke penjara—meskipun benci banget sama ayahnya yang ‘idiot’, Ma Roo sebenernya baik banget TT__TT— Jadilah Ma Roo mengubah identitasnya menjadi Joon Ha, sebagai kakak angkat Dong Ju yang bisa dibilang ngajarin Dong Ju cara bertahan di tengah sunyinya dunia tanpa suara. Sedihnya, Woo Ri yang sayang banget sama kakaknya, Ma Roo, terus nyari dia hingga ke pelosok dunia. Sampai ikut acara pencarian orang hilang di TV segala demi menemukan kakaknya. Dan ironis ketika Woo Ri akhirnya ketemu sama Dong Ju yang dia kira adalah kakaknya~~~ Meskipun Woo Ri dan Dong Ju juga punya kisah masa kecil yang manis, tapi kenyataan bahwa sebenernya cinta pertama Woo Ri adalah kakaknya (Ma Roo) begitu juga sebaliknya dengan Ma Roo yang suka Woo Ri, membuat kisah mereka agak ‘tragis’.

Aku suka dengan image Ma Roo alias Joon Ha sebagai seorang dokter sekaligus kakak yang sayang banget sama adik dan ibu angkatnya (meskipun ternyata ibu angkatnya punya niat memanfaatkannya). Kesan dia yang keras tapi lembut, jahat tapi ternyata sangat baik, membuat perannya yang bukan sebagai pemeran utama pria lebih aku sukai. Kenyataan bahwa sebenernya dia sayang banget sama ayahnya yang ‘idiot’ meskipun di luar dia sering tidak mempedulikan keberadaan ayahnya itu, benar-benar menyentuh. Dan adegan yang paling membuatku terharu adalah ketika menjelang akhir cerita Joon Ha hampir saja kehilangan penglihatannya saat hendak menolong Dong Ju yang terkurung di tengah api.

Saat Joon Ha akhirnya tahu bahwa orang yang benar-benar menyayanginya adalah ayahnya, Young Gyu, Joon Ha memanggil-manggil namanya. Mengira bahwa ibu tirinya yang datang menengoknya ketika dia belum bisa melihat karena matanya baru saja dioperasi adalah Young Gyu. Joon Ha memanggil Young Gyu untuk pertama kalinya dengan panggilan “Ayah”, dan adegan ketika untuk pertama kalinya pula Joon Ha alias Ma Roo menyandarkan kepalanya di pundak ayahnya~~~ benar-benar adegan yang sukses membuat merinding…!

Tema keluarga begitu kental di drama ini. Meskipun episode drama ini lebih banyak dari drama pada umumnya, tapi entah mengapa saat drama ini akhirnya tamat, sedikit muncul rasa sayang tidak bisa melihat drama ini lagi. Adegan ending drama ini juga sangat bagus! Karena ceritanya yang complicated dan sulit dijelaskan, maka menontonnya dan merasakan sendiri bagaimana hangatnya sosok keluarga lewat drama ini, menjadi pilihan yang cukup tepat untuk sekedar mengisi waktu luang ^^

You Are My Destiny

Menurut sebagian orang drama ini kurang menarik, bertele-tele, membosankan, dan sebagainya karena episode-nya yang panjang, yaitu mencapai sekitar 176 episode. Meskipun tidak secara utuh juga menonton drama yang juga ber-genre keluarga ini, tapi cerita drama ini juga seru dan mampu dengan jelas menggambarkan betapa berartinya arti sebuah keluarga.

Seorang gadis yatim piatu, akhirnya dapat merasakan hangatnya sebuah keluarga ketika akhirnya diangkat seorang ibu sebagai anak. Tidak mudah untuk mendapatkan pengakuan sebagai anak angkat itu. Mengingat ibu angkatnya itu adalah ibu dari seorang dokter cantik yang meninggal karena gadis yang sekarang menjadi anak angkatnya itu. Belum lagi dokter itu malah menyumbangkan matanya untuk gadis yang telah ‘membunuhnya’ di suatu kecelakaan. Ibu mana yang tidak benci melihat keadaan itu? Namun gadis yatim piatu itu diceritakan sangat tulus, sehingga akhirnya mampu melelehkan hati semua orang yang awalnya sangat membencinya!

Cerita drama ini juga complicated dan akan lebih enak diikuti jika menonton sendiri. Karena episode-nya yang terlalu panjang, membuat saya agak bingung untuk menceritakan isi ceritanya ^^ Tapi adegan akhirnya bagus sekali. Semua pemain berfoto bersama dalam suatu acara pernikahan. Pemeran utama wanita alias si gadis yatim piatu itu, berfoto bersama suaminya, ayahnya, ibunya, dua kakak laki-lakinya, ayah mertuanya, ibu mertuanya, adik iparnya, tantenya, pamannya, sepupunya, keponakannya, dan teman-temannya. Adegan akhir yang dibuat sederhana itu, cukup berhasil membuat penonton tersentuh, ketika penonton mampu mengingat bagaimana gadis itu di awal episode. Gadis yatim piatu yang tidak mempunyai siapa-siapa, akhirnya bisa memiliki orang-orang yang amat sangat menyayanginya. Dan itu semua bukan diawali karena niat buruk, melainkan karena ketulusan yang dia berikan terhadap semua orang yang dia temui ^^

Drama bertema keluarga adalah salah satu drama yang aku sukai. Ceritanya lebih terkesan natural dan seperti yang sempat aku bilang, nggak melulu soal “Dunia milik kita berdua!”. Hidup itu tidak hanya soal pasangan, tapi juga orang-orang lain di sekeliling kita yang mencintai kita. Karena itu, drama romance yang juga membawakan kisah tentang keluarga, teman-teman, dan orang-orang lain, terkesan lebih nyata dan realistik. Apalagi dengan cerita tentang keluarganya yang manis ^^

Bukan promosi drama atau promosi aktor dan aktris yang memerankannya. Hanya sekedar berbagi rekomendasi drama yang nggak melulu hanya soal cinta. Oh ya, beberapa drama lain yang pernah kutonton yang juga membawakan kisah tentang keluarga dan bisa dijadikan rekomendasi adalah Baker King Kim Tak Goo, Brilliant Legacy, Thank You, Spring Waltz, Into The Sun, Princess Hours, dan Autumn in My Heart. Sedangkan film yang pernah kutonton yang juga mengisahkan tentang hangat dan pentingnya sebuah keluarga antara lain A Long Visit (My Mom), My Brother, Speed Scandal, Hello Ghost, dan Taegukgi~~~ ^^

Korean Drama Movie

 

*Silakan klik link via doramax264 pada judul untuk melihat detailnya ^^

3 Comments

  1. rani said,

    24 January 2014 at 00:04

    sayapun sependapat..!!! drama diatas emang jalan ceritanya passssss banget, jangan lupa full house tuh.. masuk genre keluarga (haha)..
    .. udah liat “she is wow” itupun genre keluarga.. (recomended banget deh)

  2. Ayomi said,

    26 February 2015 at 01:23

    izin re blog ya🙂

  3. Ayomi said,

    26 February 2015 at 01:26

    Reblogged this on Straw of Berry and commented:
    Senang banget ada yang bahas drama keluarga.
    Menurutku drama keluarga itu yang paling hangat. Nggak melulu soal percintaan. Betapa pentingnya arti sebuah keluarga.
    Family is not imortant things. But, Its everything.

    Reblog


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: