Please “Don’t Cry”

Ada kalanya sesuatu yang tidak diharapkan terjadi menimpa kita. Sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu buruk, tetapi akal picik kita seakan-akan menganggapnya terburuk dalam hidup kita saat itu. Padahal setelah sekian lama berlalu, setelah diingat-ingat lagi, sesuatu yang terjadi saat itu tidak seburuk yang kita pikirkan sekarang.

Katanya, menangis adalah salah satu cara untuk meluapkan rasa sedih, kesal, atau bahkan bahagia yang menimpa. Pernah suatu ketika, baru-baru ini saya merasa begitu sedih, sampai-sampai ingin menangis, padahal saat itu saya sedang berada di (katakanlah) tempat umum, saat orang-orang cenderung akan menyadarinya. Coba mengalihkan, saya pun mengobrol dengan seseorang, sebut saja orang itu, yang sebenarnya juga sedang sama-sama sedih seperti saya.

Lantas, orang itu pada akhirnya justru berkata, “Dengerin lagu Don’t Cry aja…”

Isi lagu Don’t Cry ini sebenernya sama sekali nggak nyambung dengan kesedihan yang sedang saya alami saat itu. Plot lirik lagu ini lebih kepada kisah romance antara cewek cengeng yang terus-terusan disakiti, padahal ada cowok lain yang lebih perhatian dan sayang sama dia. Ha-ha-ha.

Namun, nada lagunya itu lhoo… Kalau kata orang itu, dengerin lagu ini berasa lagi di-pukpuk-in sama Abang-abang Shinhwa, “Jangan nangis, Neng, jangan nangis, ada Abang di sini…”

Don’t Cry ini lagu baru. Salah satu lagu yang ada di album WE yang keluar 2015 ini, milik boyband legendaris Korea yang udah ada sejak 1998 lalu, Shinhwa. Bayangin aja, rata-rata umur anggota mereka 35,5 tahun dan maknae-nya aja udah 34 tahun. Dan anehnya lagi saya malah suka sama Om-om ini (ketahuan banget seleranya jadul-jadul). Lirik lagu ini slowslow­rap gitu, sih. Nggak terlalu ballad-ballad banget. Bagian faforit tentu saja bagian reff, saat Abang-abang itu bilang, “Please don’t cry…” dan berasa lagi nge-pukpuk-in kita.

Yang buat lagu ini enak, tentu saja nadanya. Namun, yang paling saya suka selain bagian reff tadi itu adalah efek back vocal alias vokal bersaut-sautan yang ada di lagu ini. Sukaaa banget sama back vocal-nya Hyesung dan Minwoo. Bikin lagu ini jadi berasa semakin sendu, hihihi…

Selain itu, lagu ini juga unik karena pembagian liriknya terkesan disesuaikan juga sama karakter Abang yang menyanyikan. Trio vokalis Mister M, H, dan D menyanyikan bagian-bagian yang cenderung “normal”. Sementara Trio rapper Mister J, A, dan E menyanyikan lirik yang “agak ekstrem”. Yang paling cocok itu part-nya Junjin, sesuai banget sama karakternya yang FIRE, liriknya juga FIRE! Eric yang kaya begitu, sesuai juga sama liriknya yang terkesan agak jahat. Andy yang katanya shy guy, lirik English-nya terkesan frontal-malu-malu, dan lanjutannya juga terkesan pasrah waktu bilang “saat kau siap”, hihihi…

Anehnya, lagu ini manjur. Waktu lagi sedih, lalu dengerin lagu ini, sedihnya masih, sih, tapi sedikit berkurang lah, hehe… Mungkin berkurang sekitar 10%. Kapan-kapan coba dengerin, deh.

Eh, tapi mau sedihnya berkurang sampai lebih dari 80% nggak? Caranya, ambil saja air wudhu (sambil wudhu kan bisa curi-curi nangis tanpa ketahuan, tuh), lalu silakan pilih, mau shalat atau baca Al-Qur’an. Insya Allah sedihnya bakal berkurang sampai lebih dari 80%! Apalagi kalau setelah itu tidur. Dijamin 100% saat terlelap Anda akan melupakan semua masalah Anda! (Ya iyalah). Saat terbangun Anda mungkin akan teringat kembali masalah Anda, maka saat itu juga ulangi cara pertama tadi. Apalagi kalau pas banget bangunnya di sepertiga malam terakhir. Selamat mencoba🙂

***

Don’t Cry

.

M

Kau terus saja menatap,

punggungnya yang berpaling

Pemandangan familiar yang melelahkan ini,

kamu menangis lagi

.

H

Aku tak peduli jika hujan ini,

mengguyurku sepanjang malam

D

Karena air matamu juga tak mau berhenti

.

.

Please don’t cry…

You fall, and I fall, Girl

.

H

Aku tak bisa hanya melihat lagi,

aku tak ingin membiarkanmu menangis

.

Please don’t cry…

You fall, and I fall, Girl

.

M

Aku di sini memelukmu

.

Baby, don’t cry

Don’t cry, cry

.

.

Don’t you cry, No, Don’t you cry, cry, Don’t you cry, Girl

.

J

Aku tak bisa melihatmu seperti ini lagi

Mengapa kau membuang-buang air matamu karena dia?

Mengapa kau membiarkan dirimu terluka,

seakan kau menikmatinya, seperti orang bodoh?

.

A

I don’t wanna see you cry, no more

I don’t wanna see you fall, no more

Datanglah padaku saat kau siap

Tolong janganlah menangis

.

M

Suaraku memanggilmu,

aku yakin kau tak mampu mendengarnya

.

H

Namun tak mengapa

karena aku akan melindungimu

.

.

Please don’t cry…

You fall, and I fall, Girl

.

D

Aku tak bisa hanya melihat lagi,

aku tak ingin membiarkanmu menangis

.

Please don’t cry…

You fall, and I fall, Girl

.

H

Aku di sini memelukmu

.

Baby, don’t cry

Don’t cry, cry

.

.

M

Saat air matamu kering dan kegelapan itu pergi

H

(di hari itu)

D

Genggamlah tanganku,

maka kau dapat mengenali (keberadaan) ku

.

E

Biarpun dia mengendarai mobil mahal,

mereka semua terlihat sama bagiku

Biarpun dia memakai pakaian mahal,

aku bisa terus-terusan melihatnya

Aku tak merasakan debar jantung yang terasa di antara kalian

Dia hanya ingin memengaruhimu

Tak ada yang bisa mencintaimu seperti aku

Itu semua hanya tipuan

.

.

Please don’t cry

You fall, and I fall, Girl

.

H

Aku bisa mengambil risiko apapun

Aku bisa membuang segalanya untukmu

.

Please don’t cry

You fall, and I fall, Girl

.

M

Aku di sini memelukmu,

sampai akhir

.

Baby, don’t cry

Don’t cry, cry

.

Don’t cry now…

***

Sumber terjemahan bahasa Inggris, @popgasa.

Diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh penulis, dengan sedikit modifikasi.

estEtika

1 Comment

  1. puthriipuu said,

    26 September 2015 at 19:40

    Please don’t cryyyy *pukpuk sambil nyanyi*


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: