Kenangan Manis Soto Ngawi, Margonda-Depok

Selamat datang di rubrik baru! Hihihi, di rubrik Jelajah Rasa ini, saya akan coba berbagi info tentang hidangan dan kuliner yang pernah saya icip. Tidak hanya sekadar icip, tetapi kuliner di rubrik ini adalah beberapa kuliner yang berkesan bagi saya, yaitu selain karena cerita dan kenangan yang melatarbelakanginya (hahaha), tetapi juga rasanya yang sangat enak dan membekas di lidah hingga sampai ke hati :p

Jalan Margonda, Depok, memang salah satu surganya kuliner. Tidak hanya jenisnya yang beragam dan rasanya yang enak, rata-rata harganya juga disesuaikan dengan kantong mahasiswa (meskipun dulu saat masih mahasiswa jarang banget wisata kuliner karena lebih memilih warteg atau masak sendiri, hahaha). Sekarang ini, tempat makan atau nongkrong menjadi semakin beragam lagi. Mulai dari warung makan yang menjual hidangan utama, warung kopi, hidangan penutup atau kudapan, sampai camilan padat kalori seperti es krim, cake, susu, dan lain-lain.

Salah satu tempat makan yang pernah saya kunjungi adalah warung Soto Ngawi. Tempatnya berada di seberang Universitas Gunadarma, atau sebelah selatan Gang Kapuk. Kabarnya sih, tempat makan ini sudah ada sejak 10 tahun lalu, dan masih ada juga sampai sekarang. Menu yang ditawarkan adalah Soto Ngawi dan Soto Betawi dengan aneka pilihan isi (ayam, ayam kampung, daging sapi, kikil), Tongseng, Sop dengan aneka pilihan isi pula (ayam, ayam kampung, sapi, iga, kambing, kikil), Ayam Bakar atau Goreng, Ayam Penyet, dan lain-lain. Namun, sebagai penggemar masakan berkuah, saya telanjur jatuh cinta dengan hidangan Soto Ngawi-nya. Yummy! :9

Soto Ngawi Ayam Kampung. (Pic by @bhetsyangelina)

Soto Ngawi Ayam Kampung.
(Pic by @bhetsyangelina)

Pertama kali saya datang ke sana sekitar dua tahun yang lalu. Menu yang saya pesan adalah Soto Ngawi isi daging sapi. Ketagihan, hampir setiap ke Depok dan ada waktu, saya jadi sering makan siang di warung ini bersama seorang teman. Dan pilihannya masih tetap sama, Soto Ngawi. Selain daging sapi, saya juga sudah pernah mencoba isian ayam, ayam kampung, dan kikil. Ups! Semuanya, dong? Kkk…

Penampang bagian depan Warung Soto Ngawi di Jalan Margonda Raya, Depok. (Sumber gambar: klik pada gambar).

Penampang bagian depan Warung Soto Ngawi di Jalan Margonda Raya, Depok.
(Sumber gambar: klik pada gambar).

Soto Ngawi agak mirip seperti Soto Lamongan, tetapi kuahnya sedikit lebih keruh dan rempahnya lebih berasa. Meskipun agak keruh, kuahnya masih lebih bening dibandingkan Soto Betawi yang bersantan lebih kental itu. Selain isian utama, Soto Ngawi terdiri dari soun, kecambah, irisan kentang, kacang goreng, serta taburan daun bawang dan seledri yang maknyus! Rasanya seger, berasa rempahnya, dagingnya empuk, dan nikmat banget disantap selagi hujan (pengalaman pribadi) :9

Oh ya, di sini bisa pesan nasi putih juga. Nasinya bisa dipisah atau dicampur ke dalam sotonya, dengan harga yang berbeda untuk masing-masingnya (tentu saja lebih mahal yang nasinya dipisah). Jadi, yang suka makan porsi banyak dan nggak afdhol kalau nggak pakai nasi (seperti saya ini, hahaha), bisa tambah nasi putih juga.

Gambaran porsi nasi yang dipisah dengan sotonya. Cocok untuk penggemar makan besar seperti saya :p (Pic by @puthriipuu)

Gambaran porsi nasi yang dipisah dengan sotonya. Cocok untuk penggemar makan besar seperti saya :p
(Pic by @puthriipuu)

Minuman faforit pesanan saya adalah Lemon Squash. Rasanya asem-asem seger. Jadi, sambil makan, sambil belajar juga, deh. Lengkap banget menunya. Ada karbohidrat dari nasi, soun, dan kentang; protein dan lemak dari isian utama sotonya; sayuran dari kecambahnya; dan buah plus vitamin C dari lemonnya. Fyi, kalau isiannya daging, vitamin C ini bisa membantu penyerapan zat besi yang terkandung di dalam daging, lho. Yum yum

Harganya cukup terjangkau. Harga Soto Ngawi plus nasi hanya sekitar Rp 15.000 sampai Rp 25.000-an (tergantung varian isi). Sementara Lemon Squash kalau tidak salah sekitar Rp 10.000-an. Biasanya saya hanya membayar sekitar Rp 50.000-an saja untuk dua orang dengan menu-menu di atas.

Yap, itulah salah satu rekomendasi kuliner enak di Depok. Insya Allah enak, hehehe. Tapi, kalau mau percaya banget dengan tulisan ini, silakan datang saat perut benar-benar lapar. Karena insya Allah, semua makanan akan terasa nikmat saat disantap sewaktu lapar :p

 estEtika

 *Thanks to Kak @bhetsyangelina untuk kiriman foto terkininya. Special thanks and miss you to Mbak @puthriipuu, rekan nge-date makan Soto Ngawi selama ini, yang mungkin sekarang ini hanya tinggal kenangan ❤

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: