Merapi (Yang Katanya) Tak Pernah Ingkar Janji

 

FB_IMG_1525419306954

“Dan Dia menancapkan gunung di bumi agar bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk,”
(QS. An-Nahl 16: Ayat 15)

Pernah berpikir nggak, mengapa Allah menancapkan gunung agar bumi tidak goncang? Mengapa perlu ada gunung? Mengapa Allah menyebut “gunung-gunung sebagai pasak” sebagaimana termaktub pada QS. An-Naba: 7?

๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ

Jika kita pernah melihat proses pembangunan rumah atau bangunan, tentu pernah melihat adanya pondasi atau besi yang ditancapkan ke dalam tanah. Semakin tinggi bangunan tersebut akan dibuat, semakin besar dan semakin dalam pula pondasi tersebut ditanamkan ke dalam tanah. Lihat saja gedung-gedung bertingkat yg sekarang ini berlomba-lomba dibangun. Pondasi yg ditanam ke tanah harus kokoh, kuat, dan ditanam sedalam mungkin agar bangunan bertingkat yg dihasilkan bisa berdiri dengan kuat.

Begitulah cara Allah mengajarkan kita.

Gunung ditancapkan ke bumi agar bumi tidak goncang. Gunung bertindak sebagai pasak agar bumi tetap kokoh berdiri tegak. Itu adalah salah satu bukti bahwa Allah adalah Rabb yang Maha Mengatur dan Memelihara alam semesta.

๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ

Bagaimana dengan Merapi yg tak pernah ingkar janji?

Sobat, berhati-hatilah dengan ucapan tersebut. Salah-salah, akidah kita bisa terkikis dan rusak. Siapa yang dikatakan tak pernah ingkar janji? Merapi? Ingkar janji untuk apa? Kapan pula Merapi berjanji sesuatu kepada kita? And wait, bukankah yg mengatur Merapi itu sendiri adalah Allah SWT?

Yang tak pernah ingkar janji itu hanyalah Allah SWT. Janji Allah itu pasti. Niscaya akan terjadi. Sedangkan manusia ataupun makhluk ciptaan Allah yg lain, sejatinya tidak pernah selalu menepati janji.

Banyak orang yg berjanji ini-itu. Katanya dia amanah, katanya dia selalu menepati janji. Tapi ingat, Sang Penentu tercapainya janji itu sendiri adalah Allah yg Maha Kuasa.

Sebagai contoh, seseorang berjanji akan datang pada suatu acara. Selama ini dia selalu menepati dan hadir tepat waktu. Namun, sesekali waktu dia kembali berjanji akan datang, tetapi akhirnya tidak datang juga. Usut punya usut, ternyata dia sakit dan terpaksa harus dirawat saat itu juga sehingga mengakibatkan dia melanggar janjinya untuk datang.

Hakikatnya, orang itu telah melanggar janji. Karena dia bilang akan datang tapi ternyata tidak. Tentu saja itu disebut melanggar janji.

Namun secara syariat, orang itu tidak sepenuhnya salah. Karena dia melanggar janji karena alasan atau udzur syar’i yang jelas. Mungkin dengan sedikit tambahan catatan, jika dia langsung menginfokan atau mengabarkan alasan ketidakhadirannya sehingga tidak membuat khawatir atau prasangka rekan-rekannya.

๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ

Nah, di sini kita belajar. Bahwa tidak ada yg tidak ingkar janji selain Allah. Bingung ya? Bahasa sederhananya, tidak ada yg selalu menepati janji kecuali Allah. Kalau masih bingung, kalimat yg paling sederhana adalah: yang selalu menepati janji adalah Allah.

Karena itulah, setiap akan berjanji, kita disyariatkan mengucapkan “Insyaa Allah”. Di situlah tersirat bahwa kita akan senantiasa berusaha menepati janji, tetapi yg menentukan bisa tidaknya janji itu kita penuhi adalah Allah SWT.

๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ

Semoga Allah senantiasa menjaga saudara seiman seakidah kita yg berada di kawasan Merapi dan di manapun sekarang mereka berada. Semoga Allah selalu menjaga dalam ketaatan, dan menjauhkan dari marabahaya dan hal-hal yg Allah murkai.

Aaamiin..

๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ

๐Ÿ“ทMasker Palestine by Hijab Hayuri

Original Product available on Purika Hijab

Open reseller and marketer no modal

WhatsApp: 0856-4838-8535
Atau KLIK ๐Ÿ‘‡
http://bit.ly/2CYcKif

LINE@: @rtq0976t
Atau KLIK ๐Ÿ‘‡
http://line.me/ti/p/%40rtq0976t

Facebook: Purika
Instagram: @purikahijab

Tokopedia/Shopee/Bukalapak:
Purika Hijab

๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: